Selamat Datang di website KECAMATAN KOTAWARINGIN LAMA"

TUPOKSI

RINCIAN TUGAS ,FUNGSI DAN TATA KERJA

KECAMATAN

KEDUDUKAN ,TUGAS POKOK , FUNGSI DAN RINCIAN  TUGAS

  1. KECAMATAN
  2. Kecamatan merupakan wilayah kerja camat sebagai perangkat  daerah kabupaten
  3. Kecamatan
  4. Camat berkedudukan dibawah dan bertangung jawab kepada Bupati  melalui Sekretaris daerah.
  5. Camat mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenangan pemerintah yang  dilimpahkan Oleh Bupati untuk  menangani sebagian urusan otonomi daerah dan juga menyelangarakan Tugas umum pemerintah.
  1. Kewenangan pemerintah yang dilimpakan  oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi  daerah, meliputi  aspek :
  • Perizinan;
  • Rekomendasi;
  • Koordinasi;
  • Pembinaan;
  • Pengawasan:
  • Fasilitasi;
  • Penetapan;
  • Penyelengaraaan;
  • Kewenangan lain yang dilimpahkan
  1. menyelangarakan  tugas umum pemerintah , meliputi;
  2. mengkoordinasikan kegiatan pemerdayaan masyarakat;
  3. mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
  4. mengkoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang -undangan;
  5. mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  6. mengkoordinasikan pemnyelanggraan  kegiatan  pemerintah ditingkat kecamatan;
  7. membina penyelenggaraan pemerintah  desa /atau kelurahan;
  8. melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang  lingkup tugasnya dan/atau Yang belum dapat dilaksanakan  pemerintahan desa atau kelurahan

Camat dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada nomor (4), menyelanggarakan Fungsi:

  1. penyusun program dan kegiatan Kecamatan
  2. pengkoordinasian  pennyelengaraan pemerintahan di wilayah kecamatan;
  3. penyelanggaraan kegiatan pembinaan  ideologi Negara dan kesatuan bangsa;
  4. pengkoordinasian  kegiatan pemerdayaan masyarakat;
  5. pelaksanaan  pembinaan  penyelanggaran terhadap kegiatan  di  bidang ketentraman dan ketertiban umum;
  6. pelaksanan  pembinaan  penyelanggaraan  bidang    ekokomi  dan pembangunan;
  7. pelaksanaan pembinaan penyelanggaraan bidang sosial  dan kemasyarakatan;
  8. pelaksanaan  penatausahaan kecamatan;
  9. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  1. SEKRETARIAT KECAMATAN
  2. Sekretariat Kecamatan dipimpin oleh  seorang Sekretariat  Kecamatan yang selanjutnya Disebut SEKCAM yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat.
  3. Sekretariat  Kecamatan  mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan umum, penyusun Perencanaan , pengolahan administrasi keuangan dan kepegawaian

Dalam menyelanggaraan tugas sebagaimana dimaksud pada nomor (2),Sekretariat Kecamatan  mempunyai fungsi;

  1. Penyelanggaraan pengelolahan administrasi perkantoran, admonistrasi keuangan dan administrasi  kepegawaian ;
  2. Penyelanggaraan urusan umum dan perlengkapan, keprotokolan dan hubungan Masyarakat;
  3. Penyelanggaraan ketatalaksanaan, kearsipan  dan  perpustakan;
  4. Pelaksanaan koordinasi, pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan Kegiatan  unit  kerja
  5. Pelaksanaanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya
  1. SUB BAGIAN  PERENCAAN  DAN PELAPORAN
  • Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan  bertanggung jawab Kepada Sekretaris Kecamatan
  • Sub Bangian Perencanaan dan Pelaporan mempunyai tugas pokok menyelenggarakan penyusunan program kerja dan rencana strategis pembangunan di wilayah kecamatan :

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan mempunyai funsi :

  1. Penyusunan program kerja diwilayah kecamatan ;
  2. Pengumpulan, pengelolahan dan penganalisan data potensi kecamatan ;
  3. Penyusun Rencana Strategis Dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Kecamatan;
  4. Penyelenggaraan  pembinaan  dan  koordinasi  penyusun  rencana  dan  program pembangunan di wilayah kecamatan ;
  5. Pengelolaan data statistik dan informasi diwilayah kecamatan ;
  6. Pengelolaan sistem informasi manajemen data di wilayah kecamatan ;
  7. Pelaksanaan pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kerja kecamatan ;
  8. Pelaksanaan koordinasi dalam rangka penyusunan program pembangunan ;
  9. Pengevaluasi dan penyusunan laporan hasil kegiatan kecamatan ;
  10. Penyusun laporan hasil kegiatan di wilayah kecamatan.
  1. SUB BAGIAN KEUANGAN
  • Sub Bagian keuangan dipimpin oleh seorang Kepala Sub yang berada di bawah dan bertanggung jawab      Kepada Sekretaris kecamatan
  • Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas pokok dalam penyusunan dan pengelolaan administrasi keuangan

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagai mana dimaksud, Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi :

  1. Pelaksanaan pengumpulan bahan dan penyiapan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja kecamatan ;
  2. Pelaksanaaan pengkoordinasian pengelolaan administrasi Keuangan, penyusun Rencana kegiatan anggaran
  3. ( RKA ) dan dokumen pelaksanaan anggaran ( DPA ) ;
  4. Pengelolaan pembinaan dan pembukuan keuangan anggaran belanja rutin dan pembangunan ;
  5. Pelaksanaan pembinaan administrasi dan pengelolaan keuangan ;
  6. Pelaksanaan pengkoordinasian pengelolaan keuangan belanja rutin dan pembayaran keperluan dinas ;
  7. Pelaksanaan pengkoordinasian pengelolaan dan pembayaran gaji dan tunjangan daerah ;
  8. Pelaksanaan  pengkoordinasian  pengelolaan  bukti-bukti  kas  dan  surat-surat berharga lainnya ;
  9. Pelaksanaan pembinaan dan bimbingan perbendaharahan ;
  10. Penyusunan laporan hasil kegiatan di bidang administrasi keuangan ;
  11. Pelaksanaan pengkoordinasi pengelolaan keuangan
  1. SUB BAGIAN UMUM
  • Sub Bagian Umum dipimpin oleh seorang kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada sekretaris kecamatan .
  • Sub  Bagian  Umum  mempunyai  tugas  pokok  menyelenggarakan  urusan  surat menyurat  kearsipan,  pengadaan,  rumah  tangga,  administrasi  perjalanan dinas, perlengkapan, pemeliharaan dinas dan infestarisasi dan prasana dinas, pengelolaan perpustakaan serta pengelolaan administrasi kepegawaian .

Dalam menyelanggarakan tugas pokok sebagai mana dimaksud, Sub Bagian Umum mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana kegiatan dibidang urusan umum dan kepegawaian.
  2. Pelaksanaan urusan kesektariatan ;
  3. Penyimpanan, pengaturan dan pemeliharaan arsip dinas ;
  4. Pelaksanaan urusan rumah tangga dan perjalanan dinas ;
  5. Penyusunan perencanaan keperluan alat-alat tulis kantor dan penyusunan petunjuk pelaksanaannya ;
  6. Pemeliharaan gedung, ruangan, peralatan, pekarangan, ketertiban dan kebersihan serta keamanan kantor kecamatan ;
  7. Pengurusan eksploitasi dan pemeliharaan kendaraan dinas ;
  8. Pengadaan perlengkapan dan perbekalan ;
  9. Penyimpanan, penerimaan dan pendistribusian perlengkapan dan perbekalan ;
  10. Penyiapan kelengkapan untuk keperluan rapat-rapat dinas ;
  11. Pengurusan administrasi peralatan, perlengkapan dan perbekalan serta pengurusan administrasi inventarisasi kekayaan milik Negara ;
  12. Pelaksanaan publikasi dan dokumentasi pelaksanaan tugas dinas ;
  13. Pelaksanaan urusan keprotokolan dan penyiapan rapat-rapat dinas ;
  14. Pengelolaan sistem informasi manajemen perlengkapan ;
  15. Pengelolaan perpustakaan dinas dan hubungan masyarakat ;
  16. Pengelolaan administrasi kepegawaian dan pengelolaan data kepegawaian ;
  17. Pelaksanaan penyusunan daftar urutan kepangkatan ( DUK ) dilingkungan kecamatan

1)      Pelaksanaan penyusunan Daftar pernilaian pelaksanaan pekerjaan (DP-3) dilingkungan kecamatan

2)      Pelaksanaan  penyusunan  rencana  formasi,  usulan  pengangkatan,  mutasi,  dan usulan pemberhentian pegawai ;

3)      Pengelolaan kesejahteraan pegawai ;

4)      Pengelolaan pelaksanaan pendidikan dan latihan pegawai ;

5)      Pengembangan kemampuan dan karier pegawai ;

6)      Pengelolaan dan pengembangan Sistem informasi kepegawaian ( SIMPEG ) ;

7)      Pengkoordinasian pengelolaan administrasi kepegawaian dengan unit kerja terkait ;

8)      Penyusunan laporan hasil kegiatan dibidang administrasi umum dan kepegawaian.

III.    SEKSI PEMERINTAHAN

  • Seksi  pemerintahan  dipimpin  oleh  seorang  Kepala  Seksi  yang  berada  dibawah  dan bertanggung jawab kepada Camat ;
  • Seksi pemerintahan mempunyai tugas pokok merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis bidang pemerintahan ;

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat ( 2 ), seksi pemerintahan mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis bidang pemerintahan ;
  2. Penyusunan program dan kegiatan seksi pemerintahan ;
  3. Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan bidang pemerintahan ;
  4. Penyelenggaraan kegiatan bidang pemerintahan Rincian  tugas  Seksi  pemerintahan  adalah sebagai berikut :
  5. Menyusun rencana    kerja  Seksi pemerintahan ;
  6. Menyiapkan bahan dan melaksanakan  pembinaan  pemerintahan desa/kelurahan;
  7. Melaksanakan  penilaian  atas laporan pertanggung jawab kepala desa;
  8. Memfasilitasi   penyelanggarakan kejasama   dan penyelesaian   perselisihan   antar   desa/kelurahan di wilayah kejanya;
  9. Memfasilitasi penataan desa /kelurahan;
  10. Memfasilitasi  penyusunan peraturan desa;
  11. Mengkoordinasikan kegiatan administrasi kependudukan ;
  12. Mengkoordinasikan pelaksanaan investarisasi  aset  pemerintah  kabupaten  di  tingkat kecamatan;
  13. Melaksanakan pengawasan dan pendataan atas tanah -tanah Negara dari tanah aset pemerintah kabupaten di  wilayah kerjanya;
  14. Melaksakan tugas pembantuan terhadap pelaksanaan pembebasan tanah milik dan pelepasan hak yang akan dipergunakan kepentingan pembangunan ,serta peralihan status tanah dari tanah Negara menjadi milik sesuai peraturan   perundang-undangan yang berlaku ;
  15. Melaksakan tugas pembantuan dalam penetapan peruntukan,proses pengalihan dan perubahan status tanah kekayaan desa , serta pengalihan status tanah kekayaan desa yang berubah menjadi kelurahan ;
  16. Melaksakan tugas  pembantuan pelaksanaan monitoring  dan investarisasi terhadap setiap kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan tanah terlantar dan tanah Negara  di wilayah kerjanya;
  17. Melaksanakan fasilitasi dan koordinasi  pemungutan pajak bumi dan  bangunan (PBB) ;
  18. Membina dan  mendistribusikan  pelaksanaan tugas  kepada  bawahan;
  19. Menilai prestasi  kerja sebagai  bahan  pertimbanagan dalam pengembangan ;
  20. Melakukan pengawasan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan  seksi pemerintahan;
  21. Melaksanakan tugas   lain yang di berikan   oleh   atasan pelaksanaan sesuai dengan tugas dan fungsinya
  1. SEKSI KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN
  • Seksi ketentraman dan ketertiaban  dipimpin oleh seorang Kepala  Seksi yang berada dibawah  dan bertanggung  jawab kepada Camat ;
  • Seksi ketentraman dan ketertiban mempunyai tugas pokok merumuskan dan melaksakan kebijakan  teknis  bidang  ketentaraman  dan ketertiban  umum;

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat(2), Seksi ketentraman   dan ketertiban umum mempunyai  fungsi:

  1. Penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis bidang ketentraman dan ketertiban umum ;
  2. Penyusunan program dan kegiatan seksi ketentraman dan ketertiban ;
  3. Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan bidang ketentraman dan ketertiban umum ;
  4. Penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum
  5. Rincian tugas seksi ketentraman dan ketentraman dan ketertiban Umum ;
  6. Menyusun rencana kerja seksi ketenatraman dan ketertiban umum ;
  7. Melaksanakan pembinaan ketentraman dan ketertibaan masyarakat, bina kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat;
  8. Mengkoordinasikan pelaksanaan dan penegakkan produk hukum pemerintah kabupaten serta peraturan perundang-undangan lainnya diwilayah kerjanya ;
  9. Memfasilitasi pencegahan dan penanggulanagan bencana alam ;
  10. Melaksanakan pembinaan dalam rangka meningkatkan keamanan dan kenyamanan lingkungan ;
  11. Memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat dan pencegahan tindak kriminal ;
  12. Melaksakan pembinaan dalam upaya pemberantasan penyakit masyarakat ;
  13. Melaksanakan pengawasan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan pembinaan dan ketertiban masyarakat ;
  14. Melaksanakan tugas lain yang diberikan  oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya
  1. SEKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA

Tugas :

  • Menyiapkan bahan-bahan pelaksanaan sebagian tugas Camat dibidang  pemberdayaan masyarakat dan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum serta pelaksanaan kewenangan  pemerintahan dalam menangi  sebagian  urusan  otomi  daerah  sesuai  dengan bidangnya.

Rincian :

  1. Mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman teknis maupun pedoman pelaksanaan lainnya yang berhubungan dengan tugasnya.
  2. Menyiapkan  bahan  rencana  dan  melaksanakan  pemberdayaan  masyarakat, fasilitasi pembangunan   desa/kelurahan   dan   penguatan   kapasitas   lembaga kemasyarakatan desa/kelurahan antara lain Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa/kelurahan, Lembaga Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga, Karang Taruna, Rukun Warga, Rukun Tetangga dan Lembaga lainnya ( atau nama lain )
  3. Menyiapkan bahan rencana dan koordinasi dengan SKPD, UPT, instansi vertikal atau swasta mengenai pelaksanaan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayan umum.
  4. Menyiapkan bahan rencana dan menyelenggarakan pelaksanaan kewenangan pemerintah dalam menangani sebagian urusan otonomi daerah sesuai dengan bidangnya.
  5. Mendorong  partisifasi  masyarakat  untuk  ikut  serta  dalam  perencanaan  pembangunan lingkup kecamatan dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan didesa/kelurahan dan kecamatan.
  6. Menyiapkan bahan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat diwilayah kerja yang dilaksanakan oleh SKPD dan/atau UPT, instansi vertikal dan swasta.
  7. Mengoordinasikan penyusunan profil desa atau kelurahan.
  8. Melaksanakan  tugas-tugas  lain  dibidang  pemberdayaan  masyarakat  sesuai  dengan peraturan perundang-undangan.
  9. Melaksanakan monitoring, pengendalian, pengawasan dan evaluasi  penyelenggaraan pemberdayaan masyarakat dan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum serta pelaksanaan kewenangan pemerintahan dalam menangani sebagian urusan otonomi daerah sesuai dengan bidangnya.
  10. Menyusun bahan laporan penyelenggaraan pemberdayaan masyarakat dan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum serta pelaksanaan kewenangan pemerintahan dalam menangi sebagian urusan otonomi sesuai dengan bidangnya.
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Dalam melaksanakan tugasnya mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Penyelenggaraan urusan umum dan perlengkapan, keprotokolan dan hubungan masyarakat ;
  2. Penyelenggaraan ketatalaksanaan, kearsipan dan perpustakaan ;
  3. Pelaksanaan  koordinasi,  pembinaan,  pengendalian,  evaluasi  dan  pelaporan pelaksanaan kegiatan unit kerja ;
  4. Pelaksanaan  tugas  lain  yang  diberikan  oleh  Camat  sesuai  dengan  tugas  dan fungsinya ;
  5. Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan / atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan desa atau kelurahan ;
  6. Camat dalam melaksanakan tugas sebagai mana yang dimaksud pada ayat ( 4 ), menyelanggarakan fungsi :
  7. Penyusunan program dan kegiatan kecamatan ;
  8. Pengkoordinasian penyelenggaraan pemerintahan diwilayah kecamatan ;
  9. Penyelenggaraan kegiatan pembinaan ideologi Negara dan kesatuan bangsa ;
  10. Pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat ;
  11. Pelaksanaan  pembinaan  penyelenggarakan  terhadap kegiatan dibidang ketentraman dan ketertiban umum ;
  12. Pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan bidang ekonomi dan pembangunan ;
  13. Pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan bidang sosial dan kemasyarakatan ;
  14. Pelaksanaan penatausahaan kecamatan ;
  15. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>